Rahasia Membeli Rumah Saat Usia Masih 20-An

Rahasia Membeli Rumah Saat Usia Masih 20-An

Membeli rumah dijual di Bandung? siapa pun bisa melakukannya. Bermodal tekad dan komitmen yang kuat kamu bisa mewujudkan impian membeli rumah yang kamu inginkan. Tidak perlu menunggu pada usia tertentu atau menunggu hingga memiliki rencana untuk menikah. Saat ini pun bila kamu sudah siap, kamu bisa mulai untuk merencanakan membeli rumah.

Kamu bisa mengumpulkan atau menabung uang untuk Dp atau Uang muka KPR terlebih dahulu. Akan sangat lega bila menyisil rumah sejak dini, rumah akan memiliki status hak milik sebelum kamu usia 40 tahun. Akan menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bila kamu sukses mewujudkannya.

Menyicil atau membeli rumah dengan kredit atau KPR memang menjadi sebuah hal yang cukup menantang. Hal ini sesuai bukan dengan, anak muda yang selalu ingin menjajal hal menantang? kini tinggal bagaimana kamu menyusun rencana dan strategi untuk melaksanakan niatan tersebut dan mewujudkan rumah impianmu.

Manfaatkn layanan dan fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah. Apalagi kalau bukan rumah bersubsidi dan KPR . kedua hal tersebut cukup rasional untuk kamu tempuh, tidak perlu menunggu hingga memiliki uang puluhan atau ratusan juta. Cukup penuhi saja terlebih dahulu syarat besaran Uang muka atau DP ( Down Payment ). Nilainya hanya mencapai 10 hingga 30 persen saja dari nilai jual rumah.

Coba targetkan awal untuk mengumpulkan uang guna membayar uang Muka atau DP ( down payment). Sisihkan uang bulanan yang kamu dapatkan untuk kebutuhan ini hingga kurun waktu tertentu. Kalkulasikan besaran angsuran atau cicilan yang bisa kamu sanggupi. Akan lebih bijak bila besar angsuran atau cicilan tidak lebih 30 % dari penghasilanmu setiap bulan.

Tidak usah muluk – muluk untuk menentukan rumah yang kamu impikan. Cukup untuk mencaru rumah dijual di Bandung yang sesuai dengan kebutuhanmu dan pas dikantong, sesuai pula dengan kondisi finansialmu. Tidak usah minder dengan lokasi rumah yang di pinggir kota. Lihat kedepan, kawasan tersebut akan mengalami perkembangan dngan sendirinya. Dengan begitu rumah kit apun akan ikut turut mengalami kenaikan.

Pikirkan siasat dan trik yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan hal – hal diatas dengan baik. Coba perhatikan beberapa diantaranya dibawah ini :

Tinggal Di Rumah Orang Tua

Dari pada sewa kamar kos atau rumah kontrakan yang memakan biaya tidak sedikit.  Selama masih bisa tinggal di rumah orang tua, jangan hilangkan kesempatan ini. Anak yang tinggal di rumah orang tuanya hal yang lazim dan bukanlah aib yang harus kamu siasati. Dengan tinggal di rumah orang tua akan menghapus biaya ng kos atau ngontrak. Bayangkan saja bila biaya untuk sewa kamar kos atau rumah kontrakan itu Rp. 1.000.000 per bulannya, dalam satu tahun tidak terasa kita mengeluarkan Rp. 12.000.000.

Sisihkan 30 % Penghasilan

Menyisihkan uang penghasilan untuk ditabung atau diinvestasikan menandai tekad dan komitmenmu yang kuat untuk membeli rumah sendiri. Dengan membiasakan diri menyisihkan uang seperti ini kamu tidak akan mengalami kesulitan saat mengatasi angsuran dan cicilan saat kredit rumah di Bandung nanti.

Bila kamu memilih untuk investasi. Kamu hanya perlu memilih instrument yang tepat agar uang yang kamu sisihkan setiap bulannya tetap terjaga nilai dan nominalnya. Bisa investasi berupa emas atau reksa dana yang lebih agresif dari tabungan dan deposito. Tapi sebelum itu pelajari dan cari tau terlebih dahulu semua instrument nya. Pada intinya, pilih yang relevan dengan tujuan keuangan.

Kemampuan untuk menyisihkan pendapatan dan penghasilan ini akan berkaitan dengan skill dan kemampuanmu dalam mengelola finansial. Jadi jangan pernah abaikan hal yang satu.

Bisakan Diri Hidup Hemat

Berhemat atau irut sangat kental dengan pepatah besakit – sakit dahulu bersenang – senang kemudian. Yakinkan diri sendiri bahwa hidup irit itu bukanlah sebuah penderitaan, hanya kesenangan yang kamu tunda. Memperketat pengeluaran akan terbayar dengan rumah yang akan kamu miliki nanti. Kurangi pengeluaran untuk berfoya – foya dan bersenang – senang.

Dapatkan Sumber Penghasilan Lain

Masa muda merupakan masanya untuk berkarya. Manfaatkan tenaga yang masih melimpah dengan raga yang masih segar bugar untuk mencari pekerjaan tambahan. Entah itu bisnis kecil – kecilan seperti membuka online shop atau kafe kecil – kecilan atau bahkan kerja freelance. Yang penting produktif atau menghasilkan. Cara ini bila dilakukan sudah pasti akan mendatangkan pundi – pundi uang lain. Selama ada kemauan, pasti selalu ada jalan yang bisa kamu pilih. Pekerjaan freelance saat ini sudah cukup bayak ditawarkan, menjadi fotografer dadakan di sebuah acara, atau jadi guru privat. Manfaatkan bakat dan keahlianmu untuk melakukan hal ini. Tidak perlu yang sulit, cukup yang bisa kamu lakukan sesekali dalam satu minggu.

Tidak perlu membatasi diri untuk bersenang – senang. Lakukan sesekali dalam batasan yang wajar. Tidak ada yang tidak mungkin bila kamu melakukannya dengan maksimal. Ingat tidak ada proses yang mengkhianati hasil.